Dampak Perubahan Iklim Terhadap Alam Dan Masyarakat

Kami menghadapi serangkaian masalah lingkungan yang mendesak secara global, termasuk: perubahan iklim, degradasi keanekaragaman hayati, degradasi sumber daya air, lapisan ozon, tanah, dan perubahan iklim. Penggurunan, pencemaran lingkungan oleh zat organik beracun dan persisten …

Masalah-masalah ini memiliki interaksi yang erat satu sama lain, semuanya secara langsung mempengaruhi kehidupan manusia serta perkembangan seluruh masyarakat. Artikel berikut, Massapequanyweather ingin memperkenalkan kepada Anda dampak perubahan iklim terhadap alam dan masyarakat saat ini.

Dampak Perubahan Iklim Pada Sumber Daya Air

Air dianggap oleh semua orang sebagai sumber daya yang tidak terbatas, tetapi sebenarnya tidak. Dengan situasi eksploitasi dan pemanfaatan sumber daya air serta situasi perubahan iklim, sumber daya air kita akan menjadi terbatas.

Degradasi sumber daya air semakin meningkat baik kuantitas maupun kualitasnya. Alasan sederhananya juga karena meningkatnya kebutuhan air seiring dengan pertambahan penduduk. Pada saat itu, masalah eksploitasi, pemanfaatan, kurangnya perencanaan yang sembarangan, dan terutama penurunan yang mengkhawatirkan dari hutan DAS sangatlah mudah.

Perubahan iklim menyebabkan suhu rata-rata meningkat, menyebabkan anomali cuaca, iklim dan bencana alam, dan berdampak besar pada sumber daya air tawar. Khususnya pada aspek-aspek berikut:

  • Permintaan sumber daya manusia, air untuk pertanian, industri, energi, transportasi … meningkat => degradasi sumber daya air akan semakin parah.
  • Perubahan curah hujan, mengakibatkan perubahan aliran sungai dan intensitas banjir, frekuensi dan karakteristik kekeringan, volume airtanah => secara signifikan akan mengurangi jumlah air di sungai.
  • Ketika es kutub dan puncak gunung yang tinggi mencair, hal itu akan meningkatkan aliran dan meningkatkan banjir di sungai. Ketika gletser gunung mengering, banjir akan berkurang dan arus akan berkurang, bahkan habis => Kekurangan air akan semakin parah.

Dampak Perubahan Iklim Pada Sektor Pertanian

Status produksi pertanian Vietnam masih sangat bergantung pada cuaca. Perubahan iklim yang terjadi akan sangat mempengaruhi produksi pertanian khususnya budidaya. Konsekuensi tersebut tidak hanya berdampak pada peningkatan penyakit, hama dan hasil panen, tetapi juga dapat menimbulkan risiko serius lainnya.

Dampak Perubahan Iklim Terhadap Sumber Daya Hutan

Keanekaragaman hayati dan ekosistem Vietnam beragam. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, karena berbagai alasan, telah rusak parah akibat perubahan iklim.

Kenaikan suhu rata-rata akan mengubah distribusi dan struktur bioma dari berbagai ekosistem. Peningkatan suhu juga berkontribusi pada peningkatan kebakaran hutan, menyebabkan kerusakan sumber daya hayati, peningkatan emisi gas rumah kaca, dan peningkatan dampak perubahan iklim.

Dampak Perubahan Iklim Pada Sumber Daya Lahan

Luas lahan pertanian semakin menyempit akibat tekanan penduduk, urbanisasi dan industrialisasi. Fenomena erosi tanah, pencucian, penggurunan dan polusi yang disebabkan oleh bahan kimia pertanian sedang meningkat.

Saat permukaan laut naik, warga mengungsi dan lahan paling subur untuk produksi pertanian pun ikut menghilang. Pada saat itu, kekurangan air dan kekeringan akan menyebabkan penggurunan.

Dampak Perubahan Iklim Terhadap Kesehatan

Karena banyak penyakit akan meningkat akibat dampak perubahan iklim, terutama penyakit infeksi seperti malaria, demam berdarah, ensefalitis, penyakit usus dan lain-lain seperti kolera, flu burung baik pada manusia maupun manusia. satwa,…. Penyakit ini kompleks dan tidak teratur serta menyebabkan kerusakan yang cukup parah, terutama di daerah padat penduduk dengan tingkat kemiskinan yang tinggi.

Perubahan iklim semakin kompleks dan mendesak, sehingga diperlukan solusi jangka panjang dan efektif di segala bidang, dari alamiah hingga sosial ekonomi dalam skala global. jembatan.